Pedoman Belanja Online

pedoman-belanja-onlineDengan jumlah pengguna Internet hampir 35 juta orang dan jaringan internet yang semakin baik di negara ini, hampir dapat dipastikan kecenderungan masyarakat untuk berbelanja online akan terus meningkat setiap tahunnya. Dari belanja rutin bulanan keperluan rumah tangga hingga hanya sekedar untuk memuaskan hasrat untuk belanja.

Tidak bisa dipungkuri keuntungan utama belanja online adalah praktis dan nyaman, cukup hanya membrowsing internet, transaksi dan barang diantar ke lokasi yang diinginkan. Keuntungan lainnya dapat menghemat uang dengan menghindari penyakit lapar mata, dan pembeli dapat membandingkan langsung harga barang yang diinginkan. Semuanya dilakukan tanpa perlu bermacet-macetan ria dan menghadapi panas terik cuaca.

Banyaknya penipuan di Internet dengan metode yang semakin canggih, sebaiknya Anda memperhatikan pedoman belanja online berikut ini:

  1. Hati-hati terhadap penawaran harga yang terlalu murah. Jangan buru-buru percaya pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail. Sebaiknya kunjungi situs toko online langsung, jangan melalui e-mail atau pop-up window. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, usahakan mendapatkan foto-foto dan deskripsi produk detail dari pembeli. Curigailah pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.
  2. Cek domain website toko yang bersangkutan. Selidiki apakah domain website tersebut benar-benar independent, bukan berdasarkan domain gratisan seperti wordpress, blogspot, webs, jimdo dan sebagainya. Toko online yang memiliki domain sendiri, menandakan bahwa mereka memang serius melakukan bisnisnya. Google, YouTube dan Alexa ranking juga dapat memberikan informasi mengenai merchant yang sudah establish. Merchant kredibel biasanya memiliki: variasi produk yang banyak, sistem pengiriman, cara pembayaran, alamat toko, kontak telpon, email dan layanan purna jual yang jelas.
  3. Hubungi nomor telepon dan kontak merchant. Gali informasi lebih jauh mengenai produk dan toko online yang Anda minati di forum jual beli. Jika Anda tidak terburu-buru untuk membeli produk tersebut, hubungi kembali penjual di minggu atau bulan berikutnya, penjual gadungan biasanya hanya memiliki nomor telpon dan kontak yang sementara. Toko online yang kredibel juga memiliki layanan live chat untuk pelanggan pada jam kerja, sehingga bila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan untuk mendapatkan jawaban saat itu juga. Manfaatkan fitur ini sebelum berbelanja. Seperti kata pepatah lebih baik berhati-hati sebelum menyesal di kemudian hari.
  4. Cek respond di media sosial seperti Facebook dan Twitter dari toko online tersebut. Bandingkan jumlah fans atau jumlah like, pengikut / followers, juga dari komentar-komentar sesama pengguna media sosial.
  5. Utamakan cara pembayaran COD (Cash On Delivery), pembayaran dilakukan saat barang diterima. Periksa secara mendetil barang saat diterima. Namun jika tidak memungkinkan untuk COD dan harus melalui transfer rekening, usahakan teman atau family yang satu kota dengan penjual untuk mencek toko atau penjual terlebih dahulu. Simpan bukti transfer, salinan email, invoice pembelian, nomor resi pengiriman, deskripsi produk dan harga. Jika transaksi bermasalah nantinya surat-surat tersebut akan sangat membantu.

Selamat Berbelanja!